-->

Jumat, 12 Agustus 2016

Pengertian Ulul Azmi

Diantara 25 Nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui, terdapat 5 Nabi yang mendapat Gelar Ulul Azmi, mereka adalah nabi yang mendapatkan Mukjizat Dahsyat dalam kehidupanya memberantas musuh, Golongan Kafir dan memiliki keistimewaan dalam dirinya.

Sebelum kita mengetahui Siapa 5 Nabi yang mendapat Gelar Ulul Azmi, terlebih dahulu kita ketahui apa itu ulul azmi ?

Pengertian Ulul Azmi

Ulu al-Azmi (أولوالعذم) adalah gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan tinggi/ istimewa karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, dalam menyebarkan agama. Hanya lima rasul yang mendapatkan julukan ini, dari beberapa rasul yang telah diutus oleh Allah. Gelar ini adalah gelar tertinggi/istimewa ditingkat para nabi dan rasul.

Tentang gelar ini telah dijelaskan padaAl-Qur’an Surah Al-Ahqaf ayat 35 dan Surah Asy-Syura ayat 13.
QS. Al-Ahqaf ayat 35 

(faishbir kamaa shabara uluu al’azmi mina alrrusuli walaa tasta’jil lahum ka-annahum yawma yarawna maa yuu’aduuna lam yalbatsuu illaa saa’atan min nahaarin balaaghun fahal yuhlaku illaa alqawmu alfaasiquuna)

Artinya :
Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik. (QS. Al-Ahqaf ayat 35)

Qs. Asy-Syura ayat 13

(Syara’a lakum mina alddiini maa washshaa bihi nuuhan waalladzii awhaynaa ilayka wamaa washshaynaa bihi ibraahiima wamuusaa wa’iisaa an aqiimuu alddiina walaa tatafarraquu fiihi kabura ‘alaa almusyrikiina maa tad’uuhum ilayhi allaahu yajtabii ilayhi man yasyaau wayahdii ilayhi man yuniibu)

Artinya :
Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu : Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).  (Qs. Asy-Syura ayat 13)

Kriteria Ulul Azmi

Ada beberapa kriteria yang menjadi acuan untuk mendapatkan gelar ini, di antara lain adalah:
Memiliki kesabaran yang tinggi ketika berdakwah
Senantiasa memohon kepada Allah agar tidak menurunkan azab kepada kaumnya
Senantiasa berdoa agar Allah memberi hidayah kepada kaum mereka

Sebab diberi gelaran Ulul Azmi

Mendapat pengiktirafan Allah s.w.t.
Memiliki kesabaran yang tinggi semasa berdakwah
Sentiasa memohon kepada Allah s.w.t. supaya kaum mereka tidak diturunkan azab
Sentiasa berdoa kepada Allah s.w.t. supaya memberi hidayah kepada kaum mereka
Memiliki keazaman yang tinggi semasa berdakwah

Sumber: http://heninoviani.blogalami.com/


EmoticonEmoticon